Universitas Indonesia Beri Apresiasi kepada Lebih dari 120 Mitra Pemberi Beasiswa Tahun 2022

Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Kemahasiswaan memberikan apresiasi kepada lebih dari 120 mitra pemberi beasiswa yang telah berkontribusi dalam proses penyelenggaraan pendidikan sepanjang tahun 2022. Apresiasi ini diberikan mengingat lebih dari 8.000 mahasiswa UI merasakan manfaat dengan adanya donasi dari para mitra, baik berupa beasiswa maupun keringanan biaya pendidikan. Pemberian apresiasi ini berlangsung Selasa (22/11) lalu, di Makara Art Center UI.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh mitra pemberi beasiswa yang turut berkontribusi membangun sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia. Menurut Prof. Haris, UI memiliki tantangan untuk membangun reputasi demi memberikan jaminan mutu lulusan. Kata kunci dalam membangun reputasi UI adalah melalui global engagement yang salah satunya dijalankan oleh mahasiswa.

“Agar dapat berkompetisi di level nasional maupun global, UI berusaha untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh mahasiswa. Oleh kerena itu, UI menyediakan tiga sumber bantuan, yaitu beasiswa dari pemerintah, beasiswa dari non-pemerintah, dan keringanan biaya pendidikan dari UI. Sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, UI telah memberikan beasiswa kepada hampir 20% dari total keseluruhan mahasiswa. Beasiswa ini tidak hanya diberikan untuk jenjang pendidikan S1, tetapi juga S2 dan S3,” kata Prof. Haris.

Dari 122 mitra pemberi beasiswa, Daewoong Foundation dan Daewoong Group yang bekerja sama dengan UI sejak 2013 terpilih sebagai Most Dedicated Partner. Daewoong Foundation tidak hanya memberikan bantuan berupa beasiswa, tetapi juga memberikan donasi sebesar 3 juta USD untuk pembangunan Laboratorium Bioanalisis UI–Daewoong Foundation. Laboratorium ini ditujukan untuk membantu pengembangan dan penelitian berbasis biofarmasi, kesehatan, dan farmasi, baik oleh sivitas akademika UI maupun pihak eksternal.

“Saya mewakili Daewoong Foundation dan Daewoong Group mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada UI atas penghargaan yang diberikan kepada perusahaan kami. Melalui penghargaan ini, kami berharap hubungan Daewoong dan UI semakin erat dan menghasilkan berbagai macam prestasi, terutama di bidang kesehatan dan pengembangan ilmu farmasi. Kami juga terus berusaha memberikan kesempatan lebih luas bagi insan berbakat UI untuk bekerja sama dengan tim peneliti kami, serta untuk memberikan kontribusi nyata pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” kata Anisah Firda Rachmani, Researcher Daewoong Bio Analysis Center UI–Daewoong.

Dalam sepuluh tahun terakhir, UI mengupayakan dan mengoordinasikan pemberian, penjaringan, dan pendistribusian beasiswa bagi para mahasiswa, terutama mahasiswa yang kurang mampu secara finansial dan mahasiswa berprestasi. Menurut Direktur Kemahasiswaan, Dr. Badrul Munir, S.T., M.Eng., penerima beasiswa UI adalah mahasiwa yang memiliki tekad kuat, yang berjuang maksimal dari wilayah-wilayah terpencil, seperti Papua, Sabang, Badui, dan berbagai tempat lainnya yang membutuhkan dukungan pemerataan kesempatan belajar bagi seluruh generasi bangsa.

Salah seorang mahasiswa yang menunjukkan semangat itu adalah Marno Sunarya, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang berasal dari Badui. Marno merupakan salah seorang penerima manfaat dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang dikeluarkan pemerintah. Selain Marno, tiga mahasiswa penerima beasiswa lainnya yang turut hadir dalam acara tersebut, yaitu Bachtiar Mardiansya (mahasiswa Program Pendidikan Vokasi penerima Bidikmisi), Juditha Danuvanya (mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi penerima beasiswa Bank Indonesia), dan Cyntia Gozali (mahasiswa Fakultas Kedokteran pemerima beasiswa Daewoong Foundation).

Keempat mahasiswa tersebut menuliskan kisah inspiratifnya dalam buku Jaket Kuning untuk Semua yang merupakan seri keempat buku “Jaket Kuning” yang diluncurkan oleh UI. Dalam buku tersebut, ada lebih dari tiga puluh cerita dari para mahasiswa penerima beasiswa yang dapat menginspirasi, terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di UI. Melalui program beasiswa, UI mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi, fokus pada pengembangan kapasitas diri, dan membawa kesejahteraan bagi mereka. Beasiswa juga memacu motivasi, mengubah jalan hidup, dan membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk memperoleh pendidikan yang setara.

This post is also available in:
English